cara memblokir situs spamBagaimana cara memblokir situs spam referral / rujukan melalui google analytics dengan mudah, untuk menurunkan bounce rate atau rasio pentalan. Mempunyai situs yang memiliki bounce rate tinggi sunggu sangat menggangu. Terlebih lagi situs rujukan atau referral tersebut, membuat website menjadi memiliki resiko pentalan yang buruk karena website spammer yang tidak di inginkan.

Salah satu website spamer yang menggangu contohnya adalah rank-checker.online dan getrichquick.ml. Yang mana sebagai contoh kedua web tersebut memiliki resiko memperburuk web terhadap bounce rate analytics di webmaster google. Web web yang mana memiliki referral tidak di undang tersebut harusnya kita blokir sejak awal agar website kita miliki tidak berdampak terlalu besar.

Setidaknya webiste yang baik tidak memiliki rasio pentalan di atas 80%, dan sesering mungkin anda melakukan cek di google analytics. Situs yang baik adalah memiliki sumber traffic dari direct dan google organic pencarian.

Lalu bagaimana cara memblokir situs spam referral tersebut melalui webmaster google analytics?

Step memblokir situs spammer refferal / rujukan

Step #1

Masuk ke pengaturan google analytics dan lakukan login https://analytics.google.com

Step #2

Masuk ke beranda pilih website yang akan dipilih misalkan webanda.zzz

Step #3

Setelah melakukan klik dan masuk ke pelaporan anda pilih menu Akusisi -> Ikhtisar -> Semua Lalu Lintas -> Rujukan.

Akusisi rujukan webmaster

Step #4

Pada menu dashboard rujukan ini pilih website yang memiliki rasio pentalan tertinggi dan memiliki banyak sesi. Seperti halnya website spam rank-checker.online yang nantinya akan di block di filters analytics.

Presentasi pentalan

Step #5

Setelah memilih website mana saja yang akan di blokir selanjutnya adalah masuk ke menu admin -> semua filter

Admin menu semua filter

Jangan lupa setelah masuk ke menu pengaturan semua filter anda klik menu tombol merah yakni tambah filter

tambahkan filter

Step #6

Hal yang perlu di tambahkan pada menu tambah filter yakni nama filter dan pola filter sebagai contoh berikut ini:

Pilih jenis filternya adalah khusus dan pola filter yakni menggunakan tambahan (“\”) seperti di gambar rank-checker\.online

Nama filter google analytics

Dan jangan lupa untuk tambahkan setelan website yang akan dipilih  khususnya adalah terapkan filter ke tampilan sebagai contoh berikut:

tambahkan filter ke kanan

Lalu simpan.

Step #7

Pastikan tampilan pada filter website di google analytics seperti berikut:tambahkan filter ke kanan

Founder dari BacklinkDo.com dan JalanGame.com, mempunyai hobi menulis dan juga memberikan informasi yang bermanfaat. Selain itu memberikan pembelajaran berupa kursus yakni SEO, dan website WordPress.
Mengenal dunia blogging sejak tahun 2010 dan sudah mendidikasikan ratusan artikel berupa teknologi, game, blogging, tips and trick, internet marketing dll.

Related Post