Cara backup database cms wordpress di cpanel dengan mudah dan gampang melalui phpmyadmin berguna untuk menyimpan database sql website. Database cms wordpress sendiri merupakan salah satu faktor yang penting bagi kelanjutkan website. Dimana tanpa adanya database website tidak akan terkoneksi dan terhubung. Fungsi dari database sendiri merupakan penghubung dan juga sebagai wadah penyimpan informasi yang penting. Seperti alamat login, email, password, isi artikel berita dan lain sebagainya.

Backup database wordpress

Backup database cms wordpress secara berkala agar suatu saat jika terjadi trouble data ketika melakukan upgrade bisa teratasi dan membantu website terutama isi bisa di restore ulang.

Bagaimana Cara Backup Database WordPress

Step pertama #1 login cpanel

Masuk ke URL login anda, pastikan login anda berisikan alamat url di tambah dengan slash “/” cpanel.

backup database cpanel login

Step ke-dua #2 masukan login cpanel

Selanjutnya adalah anda di harapkan mengisi login username dan password cpanel. Login username dan password cpanel sendiri di dapatkan ketika pertama kali membeli paketan hosting. Cek email anda ketikapertama membayar website tersebut untuk login ke halaman cpanel.

Travamart cpanel login

Step ke-tiga #3 pilih menu phpmyadmin

Selanjutnya ketika berhasil login anda masuk ke kategori database. Setelah itu klik menu phpmyadmin untuk melanjutkan aktifitas di panel phpmyadmin.

Travamart cpanel phpmyadmin

Step ke-empat #4 pilih database

Selanjutnya anda harus memilih database yang anda buat pertama kali. Jika anda lupa anda bisa melihat di file .php folder pilih wp-config.php lalu bsia melihat nama database dari website. Jika sudah benar dan yakin silahkan pilih nama database yang ingin anda backup datanya.

Travamart cpanel phpmyadmin select database

Step ke-lima #5 pilih klik database

Anda di perlukan hanya klik nama dari database saja. Ingat nama database yang anda backup.

Travamart cpanel phpmyadmin select database tabel

Step ke-enam #6 ekspor database

Selanjutnya anda tinggal ekspor database, pilih menu ekspor yang di kotaki warna merah. Setelah itu pastikan metode menggunakan cepat dan format backup ekspor dalam bentuk SQL. Jika yakin klik kirim dan download mysql database wordpress anda di folder yang aman.

Travamart cpanel phpmyadmin ekspor database

Travamart simpan database

Tips Rutin Backup Database Wp

Pastikan anda mengikuti beberapa tips aman ini agar database wordpress benar-benar tersimpan dengan baik dan aman. Berguna untuk mengurangi resiko akan kerusakan data website dan selalu siap siaga jika web terjadi trouble masalah yang besar.

  1. Lakukan backup pada jam 23.00 sampai dengan 06.00 pagi, waktu itu merupakan tepat sebab koneksi internet stabil sehingga proses ekspor akan lebih baik.
  2. Simpanlah di forder aman sebab database yang anda simpan menyangkut informasi yang berharga.
  3. Setelah mendownload database yang di simpan, alangkah baiknya di coba menggunaka software “mysql front” atau bisa menggunakan default phpmyadmin yang ada di “xampp”.
Penulis dari BacklinkDo, di gunakan oleh umum jajaran redaksi BacklinkDo.com untuk memuat konten artikel berita tentang dunia internet marketing, web server, web design dan proggraming.
Dimana BacklinkDo sendiri sudah berdiri sejak tahun 2015 dan di publish ke umum sejak tahun 2016. Selalu memberikan informasi yang bermanfaat untuk kemajuan bersama.

Related Post